Menu

PT. Mulia Kairos Industri adalah produsen kosmetik yang memberikan layanan jasa maklon kosmetik berkualitas dan aman. Setiap produk kosmetik yang diproduksi akan kami bantu untuk mendapatkan NA BPOM sehingga anda bisa langsung jualan.

  • Home |
  • Waspada Penuaan Dini! Mari cegah secepatnya..

Waspada Penuaan Dini! Mari cegah secepatnya..

  • October 5, 2023

Siapa sih yang mau mengalami proses Penuaan Dini? Sebenarnya, proses Penuaan itu adalah proses alamiah tubuh manusia yang terjadi apabila sudah memasuki umur-umur tertentu, yang mana sistem tubuh akan mengalami banyak perubahan. Namun untuk beberapa orang ada yang mengalami proses penuaan sebelum waktunya.. maka dari itu kejadian ini disebut sebagai Penuaan Dini.

Proses Penuaan Dini ini sering terjadi tanpa kita sadari, terutama pada area kulit yang terbuka. Kulit akan menunjukan adanya perubahan, seperti; ada bintik hitam dan kerutan halus. Area kulit yang biasanya mengalami proses penuaan dini lebih cepat biasanya adalah area Wajah, Tangan dan Kaki. Yang mana area kulit diatas sering kali terpapar panas sinar matahari dan polusi.

Untuk menghindarinya, mari kita selidiki apa itu penyebab Penuaan Dini? selain dari bertambahnya usia seseorang, ada faktor lain yang mendorong proses penuaan dini itu terjadi. Seperti: Paparan Sinar Matahari dan Polusi, Panasnya sinar matahari yang juga mengandung UV sangatlah berbahaya untuk kulit manusia terlebih untuk kulit yang tidak tertutup atau terlindungi dengan SunBlock dan ditambah dengan kondisi polusi saat ini yang sangat tinggi. Sehingga tanpa kita sadari apabila kita banyak melakukan aktivitas di outdoor akan membuat kulit kita mengalami hal tersebut.

Faktor kedua, Stress atau Kurang Tidur. Banyak pikiran dan tekanan yang mengakibatkan seseorang merasakan stress yang berkepanjangan akan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh yang akan berdampak pada pola tidur yang tidak teratur. Kondisi keduanya akan mendorong proses penuaan dini yang menyebabkan tubuh tidak mendapatkan apa yang dibutuhkan sehingga elastisitas dan juga kesehatan kulit menjadi menurun.

Faktor ketiga, Asupan yang tidak seimbang. Tubuh pada dasarnya membutuhkan vitamin, nutrisi, anti-oksidan, Omega 3 & 5, dan Kolestrol tidak jenuh, untuk membantu tubuh memproses sel-sel baru terlebih pada kulit. Apabila kita jarang mengonsumsi asupan seperti buah, sayur dan makanan lainnya yang mengandung hal diatas, maka kulit dan tubuh kita tidak bisa memproduksi sel sel baru sehingga akan lebih mudah mengalami proses penuaan dini.

Faktor keempat, Merokok dan Alkohol. Merokok tentu memicu kulit menjadi kusam dan berkerut, karena dengan merokok vitamin A dan kolagen dalam tubuh berkurang dan menyebabkan oksigen dalam tubuh dan kulit menjadi rendah, sehingga membuat sel kulit menjadi rusak bahkan mati. Sementara Alkohol merupakan minuman yang tinggi gula dan kolestrol, yang mana keduanya ini dapat menyebabkan wabah rosacea yang berdampak kepada kualitas tidur yang buruk dan dehidrasi sehingga membahayakan kesehatan tubuh dan juga bisa mengakibatkan terjadinya glikasi.

Terakhir adalah Hormon atau Genetical, pada kasus ini faktor penuaan dini disebabkan oleh turuan genetic dan hormone yang didapat dari orang tua, sama halnya apabila orang tua terlihat awet muda, hal tersebut juga akan menurun kepada anaknya.

Melihat faktor-faktor diatas, baiknya kita pahami betul dan mulai menghindari faktor apa saja yang masih kita lakukan atau alami. Karena jika kita tidak mulai mempelajari dan mencegah faktor penuaan dini ini, kita akan mengalami proses tersebut tanpa kita sadari. Selain menghindari, kulit kita juga butuh perawatan baik itu dari luar ataupun dari dalam. seperti menggunakan krim pelindung dari sinar matahari, krim pelembab dan krim yang dapat membantu pembentukan sel baru dari luar.

Sementara untuk perawatan dari dalamnya, kita wajib mengkonsumsi buah-buahan, sayur dan makanan serta minuman yang memiliki fungsi yang baik bagi tubuh, seperti yang mengandung; vitamin, anti-oksidan, omega, protein dan lainnya. Serta menghindari konsumsi makanan dan minuman yang merugikan tubuh, seperti; makanan dan minuman yang tinggi gula, alcohol atau bahkan rokok.

Sayangi tubuhmu agar selalu awet muda dan terjaga!

Sumber:

Astiyah, Septa Clara. 2022. Penyebab Penuaan Dini. Diambil dari https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1677/penyebab-penuaan-dini (20 September 2023)

Tysara, Laudia. 2023. 9 Penyebab Penuaan Dini yang Jarang Disadari, Stress Hingga Salah Perawatan Wajah. https://www.liputan6.com/hot/read/5299831/9-penyebab-penuaan-dini-yang-jarang-disadari-stres-hingga-salah-perawatan-wajah (20 September 2023)

Kredit: